MLIFE.ID – Wisata halal jadi berkah tersendiri bagi agen travel muslim maupun umum. Untuk memanfaatkan secara optimal potensi wisata tersebut, perkumpulan asosiasi travel melakukan terobosan berupa pengembangan dan peluncuran aplikasi panduan konsumen halal.

“Kita akan launching aplikasi Halal Traveler. Di mana wisatawan bisa menemukan restoran halal. Sudah saya coba di Eropa dan gampang menemukan di mana ada masjid hingga arah kiblat,” ujar Cheriatna, sekretaris Asosiasi Travel Halal Indonesia (ATHIN) di Gedung Twink Jakarta, kemarin.

Menurut Cheriatna, gabungan agen travel itu berkumpul untuk menggelar pertemuan bisnis dan meluncurkan aplikasi itu pada 29 Juni 2019.

Dalam gelaran ini akan diluncurkan aplikasi Halal Traveler pertama dan terbesar di Indonesia sebagai sarana untuk memudahkan para wisatawan mengenal berbagai destinasi wisata halal di Indonesia dan yang ada di segala penjuru dunia.

Aplikasi halal untuk traveler ini penting untuk wisatawan Muslim Indonesia. Mengingat Indonesia diketahui meraih titel sebagai juara pertama sebagai negara tujuan wisata halal dunia versi Mastercard-Cresent Rating Global Muslim Traveler Index (GMTI) untuk pertama kalinya.

Manfaat aplikasi Halal Traveler buatan anak bangsa ini, antara lain, dengan aplikasi ini pada dasarnya perjalanan para wisatawan Muslim bisa lebih terbantu. Mulai dari soal makan hingga mencari tempat ibadah.

“Benefitnya sudah pasti melalui aplikasi ini traveler Muslim bisa lebih mudah menemukan restoran Halal, menemukan masjid atau musala untuk beribadah. Bukan cuma itu, lewat ini juga wisatawan juga tidak perlu sulit-sulit mencari arah kiblat, di Indonesia mungkin masih gampang ya. Tapi kan di hotel atau penginapan luar negeri, arah kiblat itu agak sulit dan jarang ditemui,” tutur Cheriatna.

“Bahkan aplikasi ini juga bisa sebagai pengingat waktu shalat,” tambahnya.

Halal Travel Konsorsium adalah salah satu pelopor wisata halal yang tergabung dalam ATHIN. Pada 29 Juni 2019 mereka akan menyelenggarakan Temu Bisnis Wisata Halal ke-4 dan biasanya dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan, namun kali ini diundur

Sejumlah undangan akan hadir dalam acara tersebut. Berlokasi di JCC, mayoritas adalah para pelaku wisata halal atau agen travel, yakni sebanyak 300 undangan.

“Ada wakil pemerintah hingga MPR juga Kemenpar. Akan hadir pula vendor pelaku wisata halal di indonesia hingga luar negeri seperti Arab Saudi, Mesir hingga Eropa,” kata dia.

ATHIN juga menyelenggarakan raker di waktu yang sama. Aplikasi Halal Traveler ini diklaim sebagai informasi perjalanan halal pertama dan terbesar di Indonesia untuk para traveler muslim. @

 

133 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY