Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: news.18.com

MLIFE.ID – Pernyataan menarik perhatian publik muncul dari Rusia. Pemimpin negara yang dulu dikenal sebagai negeri komunis itu, mengimbau masyarakat dunia agar anak-anaknya membaca kitab suci, termasuk Al-Quran.

Imbauan itu disampaikan Presiden Vladimir Putin. Ia menyebutkan, membaca kitab suci berguna buat anak-anak. Sebab,  semua agama didasari ide humanisme yang mengarah ke “dunia lebih baik.” Pernyataannya diungkapkan Putin saat ditanya di acara St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) tentang buku apa yang dia rekomendasikan untuk anak-anak di negara mana saja.

“Biarkan mereka membaca Alkitab, itu bakal, dalam kasus apapun, terbukti berguna, biarkan mereka membaca Alquran, Taurat. Itu pastinya bagus buat anak laki-laki dan juga anak perempuan sebab semua agama di dunia didasari ide humanistik,” ungkap Putin seperti diberitakan Sputnik News, Kamis (6/6). Berita ini dikutip banyak media di Indonesia dan juga belahan dunia.

Putin meyakini, dunia ini akan menjadi tempat yang lebih baik bila semua orang mengikuti gagasan itu. “Di semua agama di dunia ada awalan humanistik dan bila kita mengikuti aturan itu, dunia akan menjadi lebih baik, lebih tenang, dan lebih stabil,” kata Putin.

Putin merupakan penganut Kristen Ortodok. Selama ini ia kenal sebagai tokoh dunia yang menghargai toleransi dan pluralisme. Saat Lebaran 4 Juni 2019, Putin menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri. Pada hari itu juga ia mengunjungi  Museum Yahudi dan Pusat Toleransi di Moskow.

Islam di Rusia merupakan agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodok. Di negara tersebut penduduk muslim skitar 15-20 juta orang. Atau sekitar 5-6 persen dari total penduduk Rusia. Mayoritas warga Rusia beragama Kristen Ortodok, sekitar 63-66 persen. Selain itu, di Rusia juga berkembang agama Protestan, Yahudi, Katorik Ria, dan Budha.

Dilansir wikipedia, agama seseorang umumnya tergantung etnis masing-masing. Suku Rusia kebanyakan beragama Ortodoks sementara orang-orang keturunan kelompok Turki beragama Islam terutama di negara bagian/Republik Adygea, Bashkortostan, Kabardino-Balkaria, Ingushetia, Dagestan, Karachay-Cherkessia, dan Chechnya. Agama Buddha umumnya dianut oleh penduduk Buryatia, Kalmykia, Tuva, dan Altai. Agama Shamanisme Altai dianut oleh orang Altai. Burkhanisme oleh orang di Republik Altai. (red)

807 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY