MUI Bengkulu Tegaskan Daging Beku Impor Sudah Halal

MLIFE.ID – Daging beku yang berasal dari India dan dikelola oleh Bulog sempat jadi polemik selama beberapa hari ini, terutama di Bengkulu. Daging impor yang disiapkan untuk pasokan kebutuhan Ramadan itu diduga tidak syariah dalam proses penyembelihannya.

Namun, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bengkulu membantah hal itu. MUI Bengkulu menyebut daging beku asal India itu telah mengantongi sertifikat halal MUI pusat.

Ketua MUI Bengkulu, Rohimin menegaskan daging kerbau impor itu proses pemotongannya telah memenuhi standar syariah yang dibenarkan dalam Islam.

“Penyembelihnya juga orang Muslim,” kata Rohimin saat Konferensi Pers di Kantor Perum Bulog Bengkulu, seperti dikutip dari Bengkulu Ekspress.

Tak hanya proses penyembelihan saja yang sesuai syariah, Rohimin menyebut tempat penyimpanan daging beku itu di negara asalnya India telah bersertifikat halal. Saat ini menurut Rohimin, hanya tinggal distribusinya saja ke masyarakat di Indonesia.

Kepala Bulog Bengkulu, Subali Agung Gunawan mengatakan harga daging beku impor itu nantinya dipasarkan dengan harga murah yaitu 80 ribu per kilo. Daging ini jadi alternatif mengingat harga daging lokal di pasaran mencapai 120 ribu per kilo.

Subali menyebut Bulog telah mengusulkan sejumlah 10 ton lebih daging tersebut untuk masuk ke Indonesia. Meskipun, saat ini baru sekitar 2,5 ton yang sudah masuk dari total keseluruhan pesanan. Daging ini juga ternyata dapat respon yang bagus dipasaran karena selama sepekan ini sudah terjual 300 kilo.

“Jika permintaan meningkat, maka jumlahnya bisa kita tambah untuk penuhi kebutuhan pasar,” ujar Subali. (Ryan Virgiawan)

 

Sumber: https://halallifestyle.id/finance/mui-bengkulu-tegaskan-daging-beku-impor-sudah-halal

105 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.