Sayuran Peningkat Produkivitas ASI

MLIFE.ID – Selain Membuat Ibu Merasa Percaya Diri, ASI yang Lancar Tentu Saja Dapat Mendukung Pemberian ASI Eksklusif Pada si Kecil di Masa Pertumbuhannya.

Ini Dia Makanan yang Dapat Mendukung Kelancaran Pemberian ASI.

ASI merupakan makanan terbaik yang diberikan oleh setiap ibu kepada anak-anaknya. ASI memiliki banyak sekali manfaat tak terduga yang baik untuk perkembangan anak, disampung juga bermanfaat untuk sang ibu.

Bagi anak, ASI dapat mendukung pertumbuhan baik fisik maupun mental, meningkatkan daya tubuh anak, serta menjadikan anak lebih dekat dengan ibunya. Sedangkan bagi sang ibu, ASI dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker payudara dan tumor ovarium serta menjaga hubungan bonding antara ibu dengan anak.

menyusui

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan ditambah 2 tahun usia anak tentu saja membuat anak tumbuh lebih sehat dan cerdas. Namun sayangnya, banyak Moms yang mengalami banyak kendala saat memberikan ASI, salah satunya adalah proses pemberian ASI yang kurang lancar akibat jumlah ASI yang kurang.

Jumlah ASI yang kurang berlimpah ini membuat para Moms kurang percaya diri serta takut akan tumbuh kembang anak yang terhambat. Akhirnya, susu formula pun menjadi solusi. Padahal, jika para Moms mau bersabar, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar produksi ASI.

Salah satunya adalah melalui makanan. Ada beberapa makanan yang bisa mempengaruhi banyaknya produksi ASI. Tentu saja jika dikonsumsi secara teratur dan tepat, lama kelamaan ASI akan berlimpah. Ini dia jenis makanan yang bisa Moms konsumsi demi kelancaran produktivitas ASI.

1. Sayuran hijau

sumber

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang dipercaya mampu meningkatkan jumlah ASI secara siginifikan. Sayuran hijau ini bisa berupa bayam, kangkung, brokoli, dan sejenisnya. Sayuran hijau banyak mengandung vitamin, mineral, dan juga phytoestrogen yang mampu merangsang produksi ASI.

Selain itu, gizi yang tedapat pada sayuran hijau juga baik untuk tumbuh kembang si kecil, terutama zat besi serta asam folatnya yang mampu mendukung pertumbuhan fisik dan mental bayi. Moms bisa mengkonsumsinya setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Dauk katuk

Selain sayuran hijau, Moms juga bisa mengkonsumsi daun katuk untuk menambah produksi ASI. Daun katuk merupakan salah satu resep turun temurun dari nenek moyang yang bisa dipakai untuk memperlancar ASI.

Hal ini dikarenakan daun ini mengandung laktagagum yang mampu merangsang penambahan jumlah ASI. Daun katuk ini bisa dikonsumsi dengan cara memasaknya seperti sayuran hijau lain. Namun ingat, hindari memasak daun katuk terlalu matang karena bisa mengurangi manfaat dan kegunaan dari daun katuk tersebut.

 

3. Ubi jalar

sumber

Sama seperti daun katuk, terdapat kandungan laktagagum yang terdapat pada ubi jalar. Ubi bewarna oranye ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu menyusui. Gizi yang terkandung di dalamnya juga baik untuk si buah hati.

Mengkonsumsi ubi jalar secara teratur dapat membuat aliran ASI lancar dan membuat bayi cepat kenyang saat menyusu.

4. Kacang hijau

Moms juga bisa mengkonsumsi kacang hijau untuk membantu kelancaran proses menyusui. Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang dipercaya mampu meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi setiap harinya. Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat besi yang baik untuk tumbuh kembang bayi dan mencegah bayi terkena anemia.

Rebus kacang hijau dan ambil sarinya setiap hari, maka kualitas serta kuantitas ASI yang diperoduksi pun akan terus meningkat.

5. Bawang putih

sumber

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang paling mudah dikonsumsi untuk memperlancar ASI, karena kandungan bawang putih sangat mudah ditemukan di hampir setiap masakan. Bawang putih dapat membantu meningkatkan jumlah ASI yang dihasilkan serta membuat permintaan ASI semakin banyak.

Meskipun bayi akan terus menerus meminta ASI, namun Moms tak perlu khawatir kehabisan karena produksi ASI yang akan terus meningkat setelah rajin mengkonsumsi bawang putih.

Itulah 5 jenis makanan yang mudah ditemukan untuk membuat aktivitas menyusui semakin lancar. Dengan rasa percaya diri yang cukup, maka keinginan untuk memberikan ASI eksklusif akan tercapai.

Sumber: https://www.cosmomom.net/ini-dia-jenis-makanan-murah-meriah-yang-bermanfaat-untuk-meningkatkan-produksi-asi/

126 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.