Merancang Keuangan Agar Hati Tenang

MLIFE.ID – Depok. Dalam perancangan keuangan, diperlukan keterampilan dari hati dan tangan untuk mengaturnya. Muhammad Noer sebagai praktisi di bidang presentasi ini membagi tips untuk merancang keuangan yang bertujuan agar hati lapang dan damai.

Ia berujar, sistem berpikir kita selama ini telah salah kaprah. Pasalnya, uang sering dianggap sebagai segalanya. Padahal esensi dari uang ialah mampu menggunakannya agar merasa cukup, sehingga lebih banyak bersyukur.

“Perancangan keuangan diperlukan, karena kita dikaruniai akal pikiran. Kalau sudah membuat rencana, kita lebih mudah bersyukur,” ujar M Noer, di Bukit Cinere, Depok, Ahad (7/5).

“Jangan pernah ragu dengan income yg kita punya hari ini, sesedikit apapun itu, bisa kita atur,” lanjutnya.

Meski suatu rencana bisa tidak sesuai dengan implementasi, menurut M Noer, perencanaan tetap penting. Pasalnya, meski berubah, Allah akan berikan yang lebih baik lagi.

“Walau banyak yang berubah tapi yang Allah berikan lebih baik lagi. Jangan-jangan, karena kita merencanakan ini, kita dibukakan jalannya oleh Allah,” papar lelaki Jawa kelahiran Medan ini.

Lelaki lulusan Fakultas Ekonomi UI ini menjelaskan, salah satu cara melakukan perencanaan keuangan ialah dengan menulis segala transaksi yang dilakukan sekecil apapun.

“Tujuannya agar kita mengetahui apakah pengeluaran lebih besar dari pendapatan, sehingga dapat terkelola dengan baik,” pungkasnya.

Ada beberapa dampak jika tidak melakukan perencanaan, antara lain banyak hutang, stres dan gelisah, serta dapat mengalami masalah rumah tangga.

“Hidup ini bukan matematika. Tetap direncanakan, karena itu kewajiban kita berikhtiar. Masalah hasil bertawakal,” simpulnya.

Reporter: Eveline Ramadhini

 

Sumber: http://www.wartapilihan.com/merancang-keuangan-agar-hati-tenang/

173 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.