FIBA Akhirnya Izinkan Pebasket Memakai Hijab

MLIFE.ID –  JAKARTA. Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) akan mengizinkan para pemain basket untuk mengenakan hijab atau penutup kepala dengan alasan agama. Ini setelah otoritas basket internasional itu secara bulat menyetujui aturan baru yang akan mulai berlaku pada 1 Oktober mendatang dalam hari pertama FIBA Mid-Term Congress di Hong Kong, Kamis (4/5).

Mid-Term Congress merupakan pertemuan akbar para petinggi FIBA pada separuh masa periode kepengurusan 2014-2019 di bawah kendali Presiden FIBA Horacio Muratore. Pertemuan yang akan berakhir Jumat (5/5) ini juga dihadiri oleh Erick Thohir sebagai anggota Central Board FIBA.

“Aturan baru ini muncul sebagai akibat adanya fakta bahwa setelan pakaian tradisional di beberapa negara ada yang meminta kepala dan/atau seluruh tubuh tertutup, tidak sesuai dengan peraturan FIBA sebelumnya tentang penutup kepala di lapangan,” kata para pejabat FIBA dalam laman resmi mereka, Kamis (4/5).

FIBA memulai periode revisi dan pengujian sejak September 2014 lalu dengan mengizinkan pemakaian penutup kepala pada kompetisi level nasional. Dewan pusat federasi sendiri menyetujui modifikasi peraturan setelah menerima laporan di bulan Januari.

Mid-Term Congress memuji momen bersejarah di mana sebuah pertandingan uji coba basket di Iran pada 13 April menampilkan wanita mengenakan hijab. Ini menandai pertama kalinya pria bisa menyaksikan acara olahraga wanita berhijab secara langsung.

Dalam aturan baru ini, pengenaan penutup kepala diperbolehkan ketika berwarna hitam atau putih, atau warna dominan yang ada di seragamnya, serta warna yang sama untuk semua pemain dalam tim.

Penutup itu juga tidak boleh menutupi sebagian wajah pemain atau sebagian, tidak memiliki elemen pembuka atau penutup di sekitar wajah dan leher atau menimbulkan bahaya bagi pemain mana pun.

Terkait dengan aturan tersebut juga, sebelumnya tim bola basket wanita Qatar mengundurkan diri dari Asian Games 2014 di Korea Selatan setelah izin mengenakan jilbab di lapangannya ditolak. Dan, ratifikasi aturan oleh Kongres Pertengahan FIBA di Hong Kong tersebut, membatalkan larangan 20 tahun untuk penutup kepala berbau agama yang semula dipaksakan untuk alasan keamanan.

Adapun beberapa olahraga lainnya, termasuk sepak bola, telah memungkinkan pemain-pemainnya mengenakan penutup kepala selama pertandingan berlangsung.

 

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/olahraga/basket/17/05/05/opgjxn348-fiba-akhirnya-izinkan-pebasket-memakai-hijab

97 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.