Sepenggal Sejarah May Day: International Workers’ Day

MLIFE.ID – Sekitar 92 negara kini sedang memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh tepat pada tanggal 1 Mei 2017. Indonesia salah satu negara yang ikut berpartisipasi dalammenyuarakan kesejahteraan para buruh.

Indonesia mulai menetapkan Hari Buruh pada tanggal 29 Juli melalui Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2013. Sejak saat itu, tanggal 1 Mei ditetapkan menjadi hari libur nasional.

International Workers’ Day muncul atas tuntutan pengurangan waktu bekerja di abad ke 19. Protes besar – besaran yang terjadi di Chicago di tahun 1886 menuntut pengurangan kerja  dari 19 – 20 jam per hari menjadi 8 jam. Pembagian waktu jam kerja menjadi 8 jam diambil berdasarkan pembagian waktu  24 jam dengan pembagian; 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk beristirahat dansisanya untuk rekreasi.

Sekitar  40.000 demonstran turun ke jalan. Demonstrasi dilakukan selama 4 hari namun terjadi peristiwa Haymarket, yakni penembakan besar – besaran yang dilakukan aparat kepolisian terhadap demonstran. Banyak korban yang berjatuhan dari peristiwa itu dan secara khusus korban Haymarket disebut Martin.

Selanjutnya, diadakan Kongres Sosialis di Paris pada tahun 1889 yang menyepakati Haymarket yang tejadi pada 1 Mei 1986 sebagai tonggak Hari Buruh Internasional atau International Workers’ Day.

 

Sumber: Berbagai sumber

 

150 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.