Inspirasi Jack Ma, dari Orang Miskin hingga Menjadi Milioner

MLIFE.ID – Berasal dari keluarga miskin dan sering menemui kegagalan dalam perjalanan hidupnya, Jack Ma kini jadi salah satu orang terkaya di China dengan harta USD 28,3 miliar atau di kisaran Rp 376 triliun. Ia adalah pendiri perusahaan e-commerce raksasa, Alibaba. Apa rahasia suksesnya?

Inspirasi sukses Jack Ma berasal dari tempaan kehidupannya selama ini.  Jack Ma atau Ma Yun yang lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964 merasakan kehidupan miskin dan pernah ditolak di berbagai sekolah. Namun, ini menjadi mental pembentuk Ma untuk sukses hingga hari ini.

Beberapa rahasia sukses Ma terinspirasi dari kisah hidupnya yakni sebelum usia 20 tahun bertekadlah untuk menjadi murid yang baik. Jadilah pembelajar yang mampu menyerap informasi dan ilmu serta pengalaman sebanyak – banyaknya. Pola hidup bangun sebelum terbit fajar pula dilakukan Ma sejak usia 12 hingga 20 tahun. Setelah itu, Ma rutin mengendarai sepeda ke hotel dan menemui turis  di Hangzhou untuk belajar bahasa Inggris.

Pada usia 30 tahun, ikutlah seseorang. Belajarlah dari perusahaan kecil karena perusahaan kecil akan mengajarkan pada passion dan semangat untuk kita. Perusahaan besar akan mengajarkan pada proses. Ma, menyampaikan bahwa Bos yang baik mengajari Anda dengan cara yang berbeda.

sebelum usia 30, bukan perusahaan mana yang Anda tuju, tapi bos mana yang Anda ikuti.”

Antara usia 30 dan 40 tahun, adalah waktu untuk mengambil keputusan ingin bekerja sendiri, menjadi enterpreneur atau ingin berada pada instansi tertentu. Kemudian di usia 40 sampai 50 tahun, kita diminta untuk melakukan sesuatu yang kita kuasai. Fokus terhadap suatu hal yang kita bisa.

Ketika telah masuk usia 60 tahun, nikmatilah waktu kita—perbanyak waktu untuk diri sendiri dan keluarga.

Kunci dari seorang Jack Ma adalah mencintai pekerjaan yang telah ditekuninya. Walaupun ketika membangun Alibaba, ia tidak mengerti komputer dan coding tetapi ia begitu tertarik dengan internet yang pertama kali ia gunakan ketika melakukan perjalanannya ke AS di tahun 1995.

Kunci sukses lainnya ialah melihat kebutuhan lapangan. Masyarakat China pada saat itu sulit untuk menjual produknya ke luar negeri  karena keterbatasan pengetahuan, tidak punya cukup uang, visa, koneksi dan relasi. Hal ini menjadi peluang Ma untuk membantu orang lain. Membantu meringankan kebutuhan orang lain. Dan ini menjadi cikal bakal berdiri perusahaan Alibaba group.

Kisah berdirinya Alibaba group pula penuh perjuangan. Dari sebuah kamar di Hangzhou, bersama 17 temannya, Ma membangun pasar online Alibaba. Alibaba adalah situs yang memuat produk exportir dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk melalui situs itu. Pada saat itu, transaksi online tidak banyak dikenal di China namun Alibaba menjadi inspirasi bagi situs online lainnya. Alibaba mampu menarik perhatian para investor.

Dari kisah dan inspirasi Miliyuner China, Jack Ma ada kalimat positif pula yang dapat menjadi inspirasi kita untuk meraih kesuksesan, seperti dikutip detikINET dari berbagai sumber.

1.  “Aku bukan seorang tech guy. Aku melihat teknologi dari mata konsumenku, mata orang normal. Aku tak tahu apapun soal teknologi.”

2.  “Jangan pernah menyerah. Hari ini memang berat, besok akan lebih buruk, tapi lusa matahari akan bersinar.”

3. “Jika kamu tidak menyerah, kamu masih punya kesempatan. Dan ketika kamu masih belum besar, kamu harus sangat fokus dan bergantung pada otakmu, bukan fisikmu.”

4. “Impianku adalah membuat perusahaan e-commerce sendiri. Tahun 1999, aku mengumpulkan 18 orang di apartemenku dan bicara pada mereka selama 2 jam tentang visiku. Tiap orang menaruh uang di meja dan kami memperoleh USD 60 ribu untuk memulai Alibaba. Aku ingin memiliki perusahaan global, jadi aku memilih nama global.”

5. Aku selalu yakin kalau kita harus berpikir tentang apa yang harus kita lakukan dalam sepuluh tahun ke depan. Kami sukses pada hari ini karena kami memiliki impian 15 tahun lampau. Waktu itu kami percaya kalau internet akan membantu para pebisnis skala kecil.

6. “Aku ingin mengubah sejarah, melakukan sesuatu yang penting dalam hidupku dan mempengaruhi para individu seperti yang terjadi dengan jutaan bisnis kecil yang ada di Alibaba.”

7. “Bantulah para anak muda. Tolonglah mereka. Anak muda akan menyimpan bibit baik yang kamu berikan di pikiran mereka dan ketika tumbuh besar, mereka akan mengubah dunia.”

8. “Aku selalu mencoba membuat diriku bahagia, jika tidak teman-temanku pun tidak bahagia, demikian pula para pemegang saham dan konsumen.”

9. “Hal terpenting yang harus kamu miliki adalah kesabaran.”

10. “Jika Alibaba tidak bisa sebesar Microsoft atau Wal Mart, aku akan menyesalinya seumur hidupku.”

11. “Jika kamu ingin tumbuh, temukanlah kesempatan yang bagus. Saat ini, jika kamu ingin menumbuhkan perusahaan menjadi hebat, berpikirlah tentang masalah sosial apa yang bisa kamu selesaikan.”

12. “Jika kita hanya bekerja mulai pukul delapan dan pulang ke rumah pada pukul lima, maka kita bukanlah perusahaan teknologi tinggi dan Alibaba tidak akan pernah sukses. Jika semangat kita hanya seperti itu, kita kerjakan saja hal lain.”

13. “Sesukses apapun kamu dalam karir, kamu harus selalu mengingat kalau kita berada di sini untuk hidup. Jika kamu selalu saja sibuk, kamu pasti akan menyesalinya.”

14. “Jika kamu miskin pada umur 35 tahun, kamu memang pantas mendapatkannya.”

15. “Dunia tidak akan mengingat apa yang kamu katakan tapi pasti tidak akan melupakan apa yang kamu lakukan.”

 

Sumber: Berbagai sumber

 

 

316 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.