Cerdas Memilih yang Halal

MLIFE.ID – Sebagai muslim kita dituntut untuk cerdas memilih asupan yang halal bagi tubuh kita. Tidak hanya makanan, tetapi juga hal yang kita kenakan seperti fashion, kosmetik dan kesehatan, produk perbankan/transaksi keuangan, perhotelan dan travel pula harus memenuhi kriteria halal.

Kriteria halal sebenarnya harus menjadi bagian Lifestyle seorang muslim selain karena perintah, halal pula memberikan dampak kebaikan untuk diri kita.

 “Wahai Manusia, makanlah oleh kalian dari apa-apa yang ada di muka bumi yang halal dan thoyyib, dan janganlah mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan adalah musuh nyata bagimu”

(QS. Al-Baqarah : 168)

Halal selalu disandingkan dengan Thoyyib/baik. Kriteria Halal tidak lepas dari Thoyyiban, “HALALAN THOYYIBAN”. Pada umumnya, konsep kehalalan yang ada di benak kita yakni HALAL = SEHAT, HALAL = KENYAMANAN (perasaan tenang karena tunduk perintah Tuhan) dan HALAL = PUAS (lezat, indah, praktis, aman) tetapi Islam begitu detil menjelaskan kriteria halal yang dimaksud.

Spesifik lagi kriteria halal yang harus kita pahami adalah harus bersih, murni dan dibuat sesuai dengan ketentuan hukum  Islam, termasuk yang diharamkan adalah babi dan sejenisnya, darah dan  turunannya, binatang yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah, bangkai, binatang buas, dan khamr. Sedangkan kriteria Thoyyiban adalah yang memenuhi unsur – unsur hiegienis, bersih dan sehat.

Sebagai muslim yang cerdas dalam memilih, mulailah mencari tahu informasi seputar produk yang akan kita gunakan atau yang akan dikonsumsi. Informasi ini dapat dengan mudah kita akses dari website resmi MUI (Majelis Ulama Indonesia), Info@halalmui.org.

 

Sumber: Berbagai sumber

102 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.