Fathimah Binti Muhammad SAW, ‘Pemimpin’ Wanita Seluruh Dunia

MLIFE.ID – Dia adalah putri Rasulullah SAW. Seorang putri yang taat beribadah dan dikenal dengan akhlak yang mulia.

Usia Fathimah lebih muda dari Zainab, istri al-Ash ibnur-Rabi’ dan Ruqayyah, istri Usman bin Affan. Merupakan puteri kesayangan Rasul yang paling dicintai dan ibunda Hasan Husein.

“Fathimah adalah bagian dariku. Apa yang membahagiakanku, membahagiakannya juga dan apa yang menyakitiku, menyakitinya juga.”

Ungkapan yang Rasul sampaikan sebagai cermin dari keberadaan penting sosok Fathimah.

Fathimah adalah sosok sederhana dan mandiri. Dedikasinya terhadap Islam tecermin tidak hanya dari akhlaknya yang mulia, melainkan pula dari kesediannya untuk memberikan pertolongan kepada para tentara yang terluka setelah Perang Uhud. Fathimah ikut serta dalam kancah peperangan dengan cara memberikan makan dan perawatan bagi korban perang.

Kesederhanaan Fathimah sebagai sosok terdekat Rasul pula digambarkan oleh Ali bin Abi Thalib r.a. Ali menggambarkan keteladanan Fathimah Az zahra sejak masa menikah.

“Ketika saya menikahi Fathimah, saya dan dia tidak memiliki apa-apa kecuali hanya sehelai tikar yang terbuat dari kulit domba. Di atas tikar itulah kami tidur tiap malam. Dan bila siang tiba, kami jemur tikar tersebut dengan percikan air. Saya dan Fathimah tidak mempunyai pembantu kecuali hanya dia sendiri.”

Ketika Fathimah menikah, Rasulullah memberinya sehelai kain beludru, sebuah bantal yang sudah kecoklatan dimana kapuknya sudah bertebaran, dua alat penumbuk, satu tempat air dan dua kendi. Maka tangan Fathimah membekas karena sering menumbuk padi, pundaknya pun membekas karena sering menjinjing air dengan kendi, bajunya selalu berdebu karena sering menyapu, bahkan tampak kotor karena sering dipakai untuk masak.

Sosok inspirasi wanita dunia melalui kesederhanaan dan pribadi yang luhur

Sumber: Perempuan – Perempuan Mulia di Sekitar Rasulullah

336 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.