Nature Human Spirit dalam Bisnis

MLIFE.ID – Starbucks berdiri pada tahun 1971 di Seattle, Amerika Utara. Sebagai sebuah perusahaan kopi terbesar, Starbuck memiliki managemen strategi pemasaran yang baik dan menjadi Brand teratas secara kualitas dan Personal, laid back experience customers setelah Blenz, Tim Hortons, Dunkin Donnuts.

Starbucks sebagai sebuah perusahaan kopi besar saat ini mempunyai strategi dalam pemasarannya yakni menjadi Common Brand yang tersebar di berbagai wilayah dan negara. Dimulai dari Seattle tahun 1971 dan kini telah menyebar di 55 negara.

Pada Tahun 1992, Starbuck mulai menyediakan pelayanan rest room dan mulai membuat logo sendiri. 1412 stores di berbagai negara dengan strategi kerjasama berbagai pihak termasuk perusahaan non-profit, NGO dan International coperations sehingga Brand Starbuck mulai banyak dikenali masyarakat. Sekarang, SB telah memiliki 8784 lokasi world wide, 1049 pekerja dan 94596 juta income (http://www.nasdaq.com/symbol/sbux).

Keberhasilan Starbuck untuk membangun bisnis tidak lepas dari ide untuk melakukan ekspansi dengan memperhatikan nature human spirit yakni “One Person One Cup and One Day”. Customers service satisfied merupakan pertimbangan penting yang menjadi basis perusahaan ini sehingga dari sini Starbuck menawarkan berbagai varian yang tidak hanya sebatas kopi tetapi juga melebar ke berbagai varian lain seperti teh, Sandwitch dan lainnya. Selain itu, Starbuck menyediakan servis pembelian Coffee mix mug, coffee makers dll. Hal ini menjadi lahan bagi Starbuck untuk mengembangkan produk lainnya. Lebih dari itu Starbbuck kini memberikan pelayanan kehangatan dan kekeluargaan kepada customers  yakni dengan menuliskan nama di cup dalam pemesanan. Strategi tersebut digunakan untuk mendapatkan respect dari pelanggan sehingga customers mendapatkan kepuasan pelayanan dan memungkinkan akan datang kembali ke Starbuck.

Strategi lain yang dilakukan Starbucks adalah menjadi social responsibility dengan isu-isu kemanusiaan seperti kelaparan, gender dan bantuan kemanusiaan lainnya serta mengangkat tema-tema penghematan energi, penghematan air, penggunaan efektif cup dan daur ulang material. Pendekatan ini penting untuk menarik perhatian customers terhadap Brand Starbuck yang mampu mengangkat persoalan global. Selain itu pula menyediakan kualitas kopi yang baik dari produsen kopi terbaik kemudian melakukan ekspansi produk tersebut ke berbagai stores yang ada.

 

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=9HVMhm59Ibs

142 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.