Mengenal Komunitas Muslim Lithuania

Raižiai village Mosque (Alytus district municipality, Dzūkija). Foto: Mufti Romas Jakubauskas

Raižiai village Mosque. Foto: Mufti Romas Jakubauskas

MLIFE.ID – Islam mulai mejadi agama yang berkembang pesat di Eropa. Perkembangan Islam ini terus berlanjut dan menyebar hingga Lithuania, sebuah negara pecahan dari Uni Soviet yang merupakan salah satu negara Baltik.

Keberadaan Islam di Lithuania sebenarnya telah muncul sejak abad ke – 15. Meskipun keberadaan Islam telah lama di negara tersebut namun Islam tidak menjadi agama mayoritas. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2001, persentase muslim Lithuania hanya 0,1% Sunni dengan etnis Tartar dan lebih dari 77%  masyarakat Lithuania beragama Khatolik. Walaupun demikian, Lithuania tidak memiliki agama resmi negara.

Tartar menjadi etnik mayoritas Sunni Lithuania. Sekitar 58,7 % atu 1679 etnik Tartar, 12,6% atau 362 etnik Azerbaijan, 185 dari bangsa Lithuania dan 74 dari Rusia. 2/3 muslim Lithuania terkonsentrasi di Ibu Kota Vilnius dan terbesar kedua tersebar di Kaunas dan sekitarnya. Muslim Sunni Tartar menjadi salah satu komunitas aktif yang mengembangkan pendidikan dan Halal life style di negara itu.

Sunni menjadi salah satu kepercayaan tradisional yang diakui secara hukum sejak tahun 1995 dan menjadi salah satu dari sembilan kepercayaan yang mewakili institusi mufti.

Muftiate (Lietuvos Musulmonų Sunitų Dvasinis Centras—Muftiatas) sebuah organisasi Sunni Lithuania yang terletak di Vivulskio Street 3, Vilnius diketuai oleh Mufti Romas Jakubauskas.

Sebenarnya ada banyak komunitas muslim di Lithuania namun Muftiate adalah organisasi inti yang menjadi payung berbagai komunitas. Beberapa kegiatan yang dikerjakan adalah memelihara masjid sebagai pusat Islamic Center.

Masjid Lithuania pula memiliki ciri khas yakni dengan bangunan material yang terbuat dari kayu atau bata yang cukup bersejarah. Tiga masjid berbahan kayu yang dibangun pada akhir abad ke – 19 dan satu masjid berbahan bata yang telah berdiri di awal 1930-an. Selain itu, terdapat sekolah sekolah dan universitas khusus untuk mempelajari bahasa Arab, Islamic Studies dan Timur Tengah di Kaunas. Di samping itu, muslim Lithuania pula mempromosikan Halal Life Style dan Halal Product yang mengeluarkan sertifikasi Halal untuk rumah jagal halal dan perusahaan pemotongan daging.

 

Sumber: Berbagai sumber

Penulis: Meilia Irawan

154 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.